sudahkah anda mengeluarkan zakat penghasilan

terjadilah dua percakapan antara si fulan dan si anu mengenai zakat penghasilan:

 

si fulan: lu udah pernah bayar zakat penghasilan belom???

si anu : alhamdulillah udah bro, emang kenapa???

si fulan: rasanya kalo gwe bayarin keknya gaji gwe gak cukup deh dengan kebutuhan sehari-hari

si anu: kok bisa begitu bro, zakat penghasilan itu walau bagaimanapun harus di bayar bro, untuk membersihkan   harta-harta kita, dan itu kan hak nya orang lain yang 2,5 %.

 

si fulan: lho kok bisa begitu, kan gwe yang kerja, gwe yang cari duit, ya berarti hak gwe dong, kenapa musti gwe ngeluarin ntu zakat buat orang lain!!!!

si anu: begini bro, memang yang kerja kita, yang cari duit kita, tapi tanpa kita sadari dalam kita mencari uang kadangkala ada cara-cara yang tidak baik kita lakukan tanpa sengaja, nah dalam agama kita zakat itulah yang berguna untuk membersihkan harta kita dari perbuatan-perbuatan tersebut, lagian kan selain menjalankan perintah agama kita juga bisa menolong orang-orang di sekeliling kita yang kurang beruntung dengan menyantuninya.

 

si fulan: oh begitu yah, tapi gwe belom berani ah, soalnya kebutuhan gwe banyak banget, keknya kalo gwe bayarin itu kebutuhan sehari-hari gwe gak cukup ntar.

si anu: yah memang gak salah sih pemikiran lu bro, dulu gwe juga punya pemikiran seperti elu, gwe memberanikan diri untuk membayar zakat itu setelah satu tahun, awalnya gwe ragu-ragu, tapi setelah satu tahun gwe beraniin diri aja untuk bayar zakat tersebut, dan alhamdulillah setelah gwe rutin membayar zakat itu rasanya rizki semakin bertambah dan bertambah. ini pengalaman gwe sendiri lho.

 

si fulan: ah yang bener bro??? terus ngasih nya ke siapa tuh zakat???/

si anu: lu bisa kasih ke fakir miskin, atau kaum duafha, atau bisa juga ke organisasi sosial seperti rumah-rumah zakat atau panti asuhan, atau bisa juga donasikan ke pondok pesantren. yang penting orang yang membutuhkan uluran tangan kita bro.

 

si fulan : terus berapa lama gwe bisa ngerasain faedahnya??

si anu: itu gak usah lu pikirin, yang penting lu lakukan dan lu ikhlas aja, insya Allah faedahnya bakal lu rasain sendiri. okey gwe cabut dulu yah, Assalamualaikum!!!!

si fulan : waalaikumsalam!!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Responses to “sudahkah anda mengeluarkan zakat penghasilan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s





%d bloggers like this: